keyword untuk mengefektifkan pencarian dengan google

Ya tiba lagi untuk berpuasa, semoga ramadhan kali ini membuat kita semua menjadi sadar akan eksistensi kita menjadi manusia yang bertuhan dan sosial. Dalam edisi ramdhan kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengefektifkan pencarian lewat google.
Dalam melakukan pencarian dengan google kita tidak bisa terlepas untuk menggunakan kata kunci. Kata kunci yang diketikkan pada laman pencarian akan menuntun kita ke halaman web atau blog yang mengandung kata kunci tersebut. Berikut adalah teknik serta keyword yang bisa digunakan dalam melakukan pencarian dengan memanfaatkan google:

1. Pada dasarnya google tidak ”case sensitive”, sehingga baik huruf besar maupun huruf kecil atau kombinasi keduanya bisa digunakan dan akan menghasilkan hasil pencarian yang sama, contohnya: pencarian dengan kata kunci LINUX dan linux akan menghasilkan hal yang sama.
2. Secara default google menggunakan kata kunci AND untuk menandakan pencarian gabungan dua kata, contoh pencarian dengan kata kunci menjadi and linux, akan menghasilkan halaman yang mengandung kata menjadi dan kata linux. Selain itu penggunaan kata kunci OR digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu keyword dari dua keyword, contoh pecarian dengan kata kunci linux dan hacker akan menghasilkan salah satu dari kata kunci tersebut.
3. Penggunaan kata kunci yang melibatkan kata how dan where akan diabaikan oleh google, dan jika kata kunci tersebut sangat penting, maka dapat menggunakan tanda plus ”+”, contoh guru + how, maka kata how akan diikutkan dalam pencarian, selain itu tanda minus ”-” bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian, contoh linux-linus, maka akan dihasilkan pencarian dengan hasil linux tanpa ada kata-kata linus.
4. Untuk mencari kata-kata dengan judul halaman web, maka kita dapat menggunakan operator spesial ” intitle” didepan kata yang ingin dicari, syintaxnya : intitle:kata-kata judul halaman web yang ingin dicari, contohnya: intitle:admin linux, maka keyword tersebut akan mencari judul halaman ”admin” dengan deskripsi ”linux” untuk mencari judul halaman web secara lengkap kita dapat menggunakan operator spesial ”allintitle”, syintaxnya: allintitle:kata-kata judul halaman web yang ingin dicari.
5. Untuk mencari URL yang mengandung kata-kata tertentu, maka kita bisa menggunakan operator spesial ”inurl” didepan kata-kata yang ingin dicari, syintaxnya: inurl:kata-kata yang ingin dicari alamat webnya, contohnya: inurl:internet gratis, maka keyword tersebut akan mencari alamat web yang mengandung kata internet gratis, untuk mencari semua url yang mengandung kata-kata tertentu, maka dapat digunakan operator spesial ”allinurl”, syintaxnya: allinurl:kata-kata yang ingin dicari alamat webnya.
6. Untuk mencari dalam satu alamat web tertentu, kita dapat menggunakan operator spesial ”site”, syintaxnya: site:alamat web. Contohny: site:ilmukomputer.com, maka pencarian semuanya akan berdasarkan situs ilmukomputer.com.
7. Untuk mencari informasi dengan kata-kata tertentu pada halaman web yang tidak aktif, maka kita dapat menggunakan operator spesial ”cache”, syintaxnya: cache:alamat web yang tidak aktif, contohnya; cache:ilmukomputer.com, maka hasil pencarian akan berdasarkan situs ilmukomputer.com walaupun situs ilmukomputer.com tidak aktif.
8. Untuk mencari definisi dari frasa/kata tertentu, kita dapat menggunakan operator spesial ”define” syintaxnya: define:hacker, maka hasil pencarian adalah definisi dari kata hacker.
9. Untuk mencari informasi dengan kata-kata dengan tipe file tertentu, kita dapat menggunakan operator spesial ”filetype” syintaxnya: kata-kata filetype:pdf, contohnya menjadi hacker filetype:pdf, maka hasil pencarian akan berdasarkan jenis file pdf (portabel document format)
10. untuk mencari jumlah link yang mengarah ke situs tertentu, maka kita dapat menggunakan operator spesial link, syintaxnya link:alamat situs. Contohnnya: link:ebookowiek.blogspot.com, maka hasil pencarian adalah jumlah situs yang mengelink ke alamat diatas.
Demikan tutorial kali ini dan semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung sekalian.

Diposting olehTontawi Jauhari di 00.24  

0 komentar:

Posting Komentar